Minggu, 20 Januari 2019

6 Masalah Umum yang Terjadi Pada Organ Reproduksi Wanita

Menjaga kesehatan organ reproduksi sangat penting. Salah satu hal yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui masalah-masalah umum yang terjadi pada organ reproduksi wanita dan mengetahui cara mengantisipasinya. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui 6 masalah umum yang terjadi pada organ reproduksi wanita yang akan diulas berikut ini.

1. Vulvovaginitis
Permasalahan ini merupakan masalah yang berhubungan dengan vulva dan vagina. Vulvovaginitis merupakan peradangan vulva dan vagina yang bisa diakibatkan oleh iritasi seperti sabun mandi dan sabun cuci.

Peradangan ini bisa juga disebabkan oleh kebersihan diri yang tidak dijaga dengan baik, seperti salah cara saat membilas usai buang air. Gejala penyakit ini biasanya timbul kemerahan dan gatal pada area vagina dan vulva, bahkan terkadang keluar cairan dari vagina.

2. Pendarahan Nonmenstrual
Masalah ini umumnya terjadi karena penumpukan partikel asing dalam vagina, misalnya tisu toilet. Pendarahan ini disebabkan oleh peluruhan uterus, kondisi di mana mucus membrane uretra keluar dari vagina. Membran tersebut juga membentuk jaringan lunak yang berbentuk seperti lingkaran cincin yang mudah berdarah.

Pendarahan nonmenstrual juga dapat disebabkan oleh cedera saat bersepeda atau trauma karena pelecehan seksual. Masalah ini juga bisa disebabkan saat usai berhubungan intim. Keluar darah setelah berhubungan merupakan pendarahan nonmenstrual yang disebabkan oleh beberapa hal seperti kanker serviks, infeksi penyakit menular, dan masih banyak lagi.

3. Kehamilan Ektopik
Masalah ini terjadi ketika telur yang dibuahi (zigot) berkembang di luar rahim. Biasanya, zigot ini melekat pada tuba falopi. Wanita dengan kondisi ini bisa mengalami nyeri perut parah dan perlu berkonsultasi dengan dokter sesegera mungkin karena pada umumnya dibutuhkan prosedur operasi.

4. Endometriosis
Endometriosis merupakan jaringan halus pembentuk uterus yang ditemukan berkembang di luar uterus seperti di tuba falopi, indung telur, atau bagian lain rongga panggul. Masalah ini dapat menyebabkan pendarahan abnormal, nyeri panggul, dan menstruasi yang menyakitkan.

5. Tumor Indung Telur
Tumor indung telur merupakan penyakit yang walaupun jarang terjadi, namun bisa saja terjadi. Wanita yang mempunyai tumor indung telur biasanya akan mengalami nyeri perut bagian atas dan tekanan yang bisa dirasakan dalam abdomen. Perlu prosedur tertentu pengangkatan tumor untuk mengatasi kondisi ini.

6. Kista Indung Telur
Permasalahan organ reproduksi ini merupakan kelenjar abnormal yang terbentuk dalam indung telur dna berisikan cairan atau material semi padat lain. Kista umum terjadi dan sebenarnya tergolong tidak mengkhawatirkan, kecuali jika kelenjar tersebut terus bertumbuh besar.

Kista besar bisa menekan organ di sekelilingnya dan menyebabkan nyeri pada perut. Pada sebagian besar kasus, kista akan menghilang dengan sendirinya dan tidak perlu perawatan khusus untuk menangani kista ini. Akan tetapi, jika terasa menyakitkan, dokter akan memberikan resep dokter atau melakukan prosedur pengangkatan kista.

Nah, itu dia ulasan mengenai 6 masalah umum yang terjadi pada organ reproduksi wanita. Jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan dan kesehatan organ reproduksi Anda. Jika Anda merasa ada masalah, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter kandungan terdekat.

Artikel Terkait

6 Masalah Umum yang Terjadi Pada Organ Reproduksi Wanita
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email