Kamis, 04 Oktober 2018

5 Tips Aman Belanja Online Menggunakan Kartu Kredit

Belanja online menggunakan kartu kredit saat ini banyak dipilih orang karena mempermudah transaksi. Selain itu, berbelanja dengan memanfaatkan kartu kredit juga tak membuat kondisi keuangan Anda terganggu dan juga bisa digunakan kapan saja dan di mana saja. Namun, agar Anda nyaman dan aman ketika berbelanja daring, baiknya ikuti tips ini!

1. Gunakan Hanya untuk Belanja di Situs Terpercaya
Hal yang harus Anda lakukan agar berbelanja menggunakan kartu kredit aman dan nyamana dalah memastikan hanya menggunakannya di situs terpercaya saja. Pastikan situs belanja daring itu memiliki rekam jejak yang bagus dan jangan sembarang memilih situs daring yang Anda dapat di email yang menyuruh Anda untuk mengklik link-nya.

Biasanya, link tersebut hanya akan mengarahkan Anda pada situs belanja daring palsu yang mau mencuri informasi seputar kartu kredit Anda. Daripada jadinya runyam, lebih baik Anda tulis sendiri saja address bar situs belanja dring pilihan Anda. Ini lebih aman ketimbang Anda mengetikkan nama situs itu di mesin pencarian atau mengklik sembarang link.

2. Jangan Menggunakan di Komputer Umum
Ketika Anda berbelanja menggunakan kartu kredit, sebaiknya jangan gunakan komputer umum. Maksud dari hal ini tentu saja untuk melindungi data kartu kredit Anda dan akun belanja milik Anda. Kalau bisa, berbelanja daringlah melalui aplikasinya saja. Anda bisa mengunduh berbagai aplikasi marketplace di Google Play dan instal di ponsel Anda.

3. Perbaharui Antivirus
Sudah berbelanja daring di komputer pribadi, tapi ternyata itu belum cukup. Anda tetap harus memperbaharui antivirus yang digunakan di laptop ataupun komputer pribadi. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah serangan virus ataupun mencegah hacker meretas komputer Anda. Jika sudah begini, bisa saja Anda diarahkan ke web retasan atau web palsu.

Hal yang terjadi setelah Anda sampai ke web palsu tersebut dan malah mengklik iklan menggirukan di sana, informasi mengenai akun dan kartu kredit Anda bisa bocor. Kalau Anda tak mengerti, carilah info lebih banyak dengan cara bertanya pada teman yang lebih tahu atau cari di internet mengenai antivirus terbaik yang bisa Anda gunakan.

4. Cek Review Situs Belanjanya
Ketika Anda Belanja Online, sebaiknya telitilah dulu rekam jejak situs daring yang Anda pilih. Anda bisa meminta info dari pihak bank tempat kartu kredit Anda dikeluarkan. Sama seperti tips lainnya, hal ini berguna untuk menghindari data kartu kredit Anda dicuri. Tak masalah bila Anda melakukan hal ini, terlebih bila belanja di situs yang belum familiar.

5. Cek Tagihan Kartu Kredit Secara Rutin
Meski terdengar merepotkan, namun mengecek tagihan kartu kredit adalah hal yang perlu rutin dilakukan terlebih bila Anda sering berbelanja online. Kenapa? Dengan selalu mengecek tagihan kartu, Anda bisa tahu pengeluaran apa saja yang sudah pernah Anda lakukan. Dengan begitu, bila ada pengeluaran mencurigakan, bisa langsung ketahuan.

Selain itu, bila ada tagihan aneh yang tiba-tiba muncul dan Anda merasa tak pernah melakukan transaksi yang ditagihkan, Anda bisa langsung mengeceknya ke pihak bank pengeluar kartu kredit Anda. Jadinya, kartu kredit milik Anda akan lebih aman.

Cerdas dan berhati-hati ketika belanja online itu perlu. Apalagi bila melibatkan kartu kredit yang berperan dalam keuangan Anda. Jika ada tagihan mencurigakan yang ternyata berasal dari orang nakal, Anda bisa langsung tahu dan tak mengalami kerugian karenanya. Memakai kartu kredit memang enak, tapi jangan sampai Anda malah rugi karena salah memakainya!

Artikel Terkait

5 Tips Aman Belanja Online Menggunakan Kartu Kredit
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email